Sabtu, 24 Mei 2008

php.ini di XAMPP 1.6.2

Sering sekali pada saat kita melakukan kesalahan atau bingung pada saat konfigurasi php.ini di XAMPP. Hal ini disebabkan ada beberapa php.ini yang tersebar di beberapa folder XAMPP, mana yang digunakan ?

PHP sebagai Module PHP

Untuk melakukan pengecekan php.ini yang digunakan pada modul Apache cukup gampang, kita cukup menggunakan informasi dari fungsi php_info() dan melihat isi dari entri Loaded Configuration File.

Untuk xampp, coba jalankan server Apache dan ketik pada browser http://localhost/xampp/index.php, hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini (klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya).



Pada gambar terlihat entri Loaded Configuration FIle menunjuk ke c:\xampp\apache\bin\php.ini, inilah lokasi file php.ini yang yang dikenali dan digunakan oleh Apache web server di XAMPP.
Penggunaan php.ini di Interpreter Command Line

Selain sebagai modul Apache, php tentu saja bisa digunakan sebagai interpreter di command line atau terminal. Untuk ini php.ini yang dikenali adalah yang berada pada folder yang sama dengan program php.exe.

Sebagai contoh, instalasi XAMPP di sisi saya adalah di C:\xampp\php maka php.ini yang dikenali di sini adalah c:\xampp\php\php.ini. Apabila belum ada terdapat file php.ini di folder ini, maka carilah file php.ini-dist dan diubah namanya menjadi php.ini.

Demikian tips ini saya buat, semoga bisa berguna. Untuk saran, kritik dan pertanyaan dapat diajukan melalui comment di bawah atau kirimkan email ke pintarphp@komputasiawan.com.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks buat tipsnya ya !

fabyannavallas mengatakan...

How to get to MGM National Harbor in Maricopa
› › Maricopa › › Maricopa Directions to MGM 시흥 출장안마 National 전주 출장샵 Harbor (Maricopa) with public transportation. The following transit 제주 출장샵 lines 경주 출장안마 have 오산 출장마사지 routes that pass near MGM National Harbor.